6 Obat Penurun Kolesterol dan Darah Tinggi

Arenaharga.com - Bila seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi, biasanya juga dibarengi dengan tekanan darah tinggi juga. Sehingga ia bukan hanya membutuhkan obat penurun kolesterol saja, namun juga obat penurun hipertensi. 

6 Obat Penurun Kolesterol dan Darah Tinggi

6 Obat Penurun Kolesterol dan Darah Tinggi Alami

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh yang tinggi, baiknya menyimak beberapa obat alami yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat berikut ini: 

Kedelai

Tahu dan tempe adalah produk olahan dari kacang kedelai yang dinilai mampu mengatasi kolesterol jahat. Jangan sampai malas untuk mengonsumsi keduanya, ya! 

Sebab bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa menyebabkan aneka penyakit kardiovaskular. Tetapi jangan sembarangan mengolahnya, perhatikan cara mengolah tahu dan tempe yang benar. Dan selalu menerapkan pola hidup yang sehat.

Bawang putih

Banyak sekali manfaat dari bawang putih bagi tubuh, bukan hanya meredakan macam-macam gejala penyakit seperti pilek dan flu, namun juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sampai batas normal.

Tetapi bukan berarti cara kerjanya sesederhana menggunakan bawang putih untuk bumbu masakan saja, sebab bawang putih dalam masakan jumlahnya sangat kecil. 

Anda bisa mengonsumsi 3 – 4 siung bawang putih jika ingin menurunkan kolesterol, konsumsi setidaknya dalam satu bulan. Walau demikian, baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 

Jahe

Siapa yang tidak mengenal jahe? Sudah banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa jahe memiliki manfaat untuk turunkan kolesterol Anda.

Bukan hanya kolesterol saja namun juga turunkan trigliserida di dalam tubuh. Kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan berkurang, kemudian kadar kolesterol baik dalam tubuh akan meningkat dengan mengkonsumsi jahe secara konsisten.

Akar manis 

Obat penurun kolesterol lainnya adalah akar manis, memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol berdasarkan banyak penelitian.

Bukan hanya menurunkan kadar kolesterol saja, bahkan juga bisa menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Dengan antioksidan yang ada di dalamnya pun baik sekali bagi kesehatan Anda.

Tetapi tetap saja membutuhkan penelitian medis lebih lanjut, sebelum menyatakan jika akar manis benar-benar mampu atasi kolesterol tinggi. 

Angkak

Biasanya angkak digunakan untuk menambah trombosit, dan selain itu juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Dalam angkak terkandung sebuah zat yaitu monacolin K.

Adapun susunan kimia di dalam zat ini ternyata mirip dengan yang ada dalam obat penurun kolesterol, yakni lovastatin. Itulah mengapa tanaman tersebut bisa digunakan sebagai penurun kolesterol secara alami.

Hanya saja jangan mengandalkan makanan dengan campuran angkak saja, sebab kandungannya sedikit dan tidak mencukupi untuk menurunkan kolesterol tubuh.

Dosisnya harus benar-benar diperhitungkan, sebab jika terlalu banyak konsumsi angkak pun bisa memicu gagal ginjal, karena adanya citrinin di dalamnya.

Daun artichoke

Ternyata ekstrak daun yang satu ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada di darah. Sintesis kolesterol di dalam tubuh bisa dihambat dengan mengonsumsi ekstrak daun ini.

Bahkan artichoke mengandung komponen yang biasa disebut sebagai cynarine. Adapun fungsinya adalah pemicu proses yang akan hasilkan ekskresi kolesterol dari aliran darah, hasilnya darah menjadi lebih bersih. 

Itulah dia beberapa macam obat penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi. Bahan-bahan alami tersebut bisa ditemukan di dapur dan murah pula harganya di pasaran. 

Tetapi pastikan Anda mengonsumsinya dalam dosis yang tepat dan konsultasikan terlebih dahulu pada dokter, sehingga bisa mendapatkan saran yang paling aman untuk kondisi Anda dari tenaga medis.

0 Komentar

Posting Komentar